Beranda | Artikel
Pelajaran Dari Kisah Dzulqarnain
Rabu, 9 Februari 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Pelajaran Dari Kisah Dzulqarnain adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 5 Rajab 1443 H / 07 Februari 2022 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Pelajaran Dari Kisah Dzulqarnain

Dzulqarnain adalah seorang raja yang Allah Subhanahu wa Ta’ala kisahkan dalam surat Al-Kahfi dari ayat yang ke-83 sampai 99. Dan kita akan bahas dari tiga unsur:

  1. Siapakah Dzulqarnain itu?
  2. Tentang rihlahnya Dzulqarnain.
  3. Tentang Yakjuj dan Makjuj.

Dia adalah seorang raja yang memiliki kekuasaan yang sangat luas dari timur dan barat. Hal ini sesuai dengan hadits Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dimana dikatakan:

مِن حَيْثُ يَطْلُعُ قَرْنُ الشَّيْطَانِ

“Dari sana (daerah timur) muncul tanduk setan.”

Dzulqarnain adalah ungkapan untuk menunjukkan bahwa raja ini kekuasaannya sangat luas, timur dan barat dikuasai oleh beliau.

Ada juga yang mengatakan bahwa dia disebut Dzulqarnain karena raja tersebut sangat kuat. Oleh karena itu domba jantan yang kuat mempunyai tanduk.

Ada juga yang berpendapat bahwa disebut dengan Dzulqarnain karena memang dia memiliki dua tanduk. Seakan-akan ada mahkota di atas kepalanya yang ada dua tanduknya itu. Tetapi Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah berkata bahwa pendapat yang lebih mendekati kebenaran adalah bahwa maknanya raja yang menguasai timur dan barat.

Adapun dalam kitab Allah tidak ada penyebutan tentang Dzulqarnain kecuali di surat Al-Kahfi ini dan di ayat-ayat yang akan kita bicarakan tentangnya. Adapun dalam hadits tidak ada satupun hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang berbicara tentang Dzulqarnain.

Oleh karena itu kita mengenal Dzulqarnain sebatas yang Allah kabarkan dalam Al-Qur’an, tidak boleh kita mengarang cerita.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَيَسْأَلُونَكَ عَن ذِي الْقَرْنَيْنِ ۖ قُلْ سَأَتْلُو عَلَيْكُم مِّنْهُ ذِكْرًا ‎﴿٨٣﴾‏

“Mereka bertanya kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang Dzulqarnain. Katakanlah: ‘Aku akan bacakan sebagian kisahnya kepada kalian.`” (QS. Al-Kahfi[18]: 83)

Ini menunjukkan tentang kebenaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Karena dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, Al-Qur’an bukan karangannya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan ini merupakan dalil bahwa Al-Qur’an adalah kalamullah. Dan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak mengetahui hal yang ghaib.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Pelajaran Dari Kisah Dzulqarnain


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51379-pelajaran-dari-kisah-dzulqarnain/